Cara Membuat Hidroponik Sistem Wick Sederhana

Cara Membuat Hidroponik Sistem Wick Sederhana
Tanihow.com - Sistem wick atau wick system merupakan salah satu sistem dalam bertani hidroponik, Sistem ini cukup mudah dipraktekan.

Untuk petani hidroponik pemula sistem wick bisa menjadi pilihan untuk memulai bertani. Alat-alat yang digunakan dalam sistem wick cukup sederhana.

Sehingga bagi kita yang baru memulai bertani hidroponik bisa menggunakan sistem ini. Selain mudah dipraktekan, sistem wick juga paling banyak digunakan oleh para petani hidroponik.

Sistem wick dapat diartikan sebagai sistem hidroponik yang menggunakan sumbu. Hal tersebut karena dalam sistem wick, sumbu merupakan hal yang utama.

Sumbu dalam sistem wick bisa menjadi penghubung antara nutrisi dan media tanam. Sehingga sumbu menadi hal yang utama dalam sistem wick.

Ternyata tidak begitu sulit untuk membuat sistem wick. Mari kita coba membuat sistem wick hidroponik sederhana.

1. Media tanam


Rockwool

Media tanam yang kita gunakan kali ini adalah rockwool karena cukup mudah didapat. Namun jika kita punya alternatif lain bisa juga menggunakan media tanam lain.

2. Bak air


bak air

Untuk bak air, kita menggunakan baskom. Kenapa baskom? Karena mudah didapat. Tinggal pergi ke toko kita bisa denga mudah mendapatkan baskom.

3. Netpot


Netpot

Untuk wadah media tanam kita gunakan netpot karena mudah didapat. Atau kalau kita ingin lebih hemat bisa menggunakan bekas aqua gelas atau dari bahan lain.

4. Sumbu


Sumbu

Nah, kalau urusan sumbu yang lebih umum digunakan adalah kain flanel. Jadi kita harus beli kain flanel. Tapi kalau kita punya alternatif lain, bisa menggunakannya, seperti bekas sobekan baju dan lain-lain.

5. Tempat menyimpan tanaman


Styrofoam

Untuk tempat menyimpan tanaman kali ini kita menggunakan styrofoam. Sehingga mudah dilubangi. Tapi bisa juga kita menggunakan kardus bekas atau benda lainnya.

Itulah alat-alat sederhana yang bisa kita gunakan untuk membuat hidroponik sistem wick. Tidak ada yang sulit, semua barang-barang di rumah kita bisa digunakan.

Untuk yang ingin tahu bagi mana tanaman hidroponik yang sudah ditanam di sistem wick. Berikut ini tanaman kangkung yang sudah ditanam menggunakan sistem wick.

Hasilnya

hidroponik sistem wick

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel