Cara Kerja Hidroponik Sistem Wick

Cara Kerja Hidroponik Sistem Wick

Tanihow.com - Ada banyak sistem atau metode yang bisa digunakan dalam bertani hidroponik. Salah satu sistem yang paling mudah dan praktis adalah menggunakan sistem wick atau wick system.

Sistem wick dapat diartikan juga sebagai sistem sumbu. Karena dalam sistem ini nutrisi dan air diserap oleh tanaman melalui perantara sumbu.

Para petani hidroponik pemula sering menggunakan sistem wick saat memulai mencoba hidroponik. Menginat sistem ini negitu sederhana dan mudah dipraktekan.

Sistem wick pada prinsipnya sangat mudah digunakan. Sistem ini hanya membutuhkan sumbu sebagai penghubung antara larutan nutrisi di bak penampung dengan media tanam.

Dalam sistem wick tidak ada bagian yang bergerak, maka sistem ini disebut sebagai sistem yang pasif. Cara kerja sistem wick cukup sederhana, nutrisi diserap tanaman lewat sumbu.

Adapun alat yang digunakan dalam sistem wick cukup mudah didapat. Barang-barang bekas di rumah kita bisa dipergunakan untuk menanam dengan sistem wick.

Peralatan sistem wick sederhana


  1. Media tanam
  2. Wadah/bak air
  3. Netpot
  4. Sumbu
Kita bisa mencari peralatan sederhana untuk bertani hidroponik dengan sistem wick. Cari alat sederhana yang tidak terpakai. Seperti penampung air kita bisa menggunakan baskom.

Selanjutnya media tanam kita juga bisa menggunakan rockwool atau barang bekas di rumah kita. Tentunya itu sesuai kemampuan kita masing-masing.

Untuk netpot bisa juga kita menggunakan bekas air minum atau aqua gelas yang kita lubangi. Selanjutnya untuk sumbu kita bisa menggunakan kain flanel atau kain bekas apa saja di rumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel