Fungsi pH Meter untuk Tanaman Hidroponik

Fungsi pH Meter untuk Tanaman Hidroponik

Tanihow.com - Ada beberapa peralatan yang harus dimiliki oleh petani hidroponik. Alat-alat tersebut tentunya akan mendukung terhadap hasil tanaman hidroponik kita.

Metode menenam secara hidroponik tentunya tidak sedikitpun menggunakan media tanam tanah, sehingga alat pertanian hidroponik berbeda dengan alat pertanian yang menggunakan media tanam tanah.

Hidroponik adalah sistem menanam yang membutuhkan banyak suplai air dan nutrisi. Sehingga alat-alat yang digunakan untuk bertani hidroponik berhubungan dengan air dan nutrisi.

Ada alat ukur kepekatan nutrisi dalam air yakni TDS Meter, yang sudah dijelaskan pada aktikel berjudul Ini Fungsi TDS Meter untuk Tanaman Hidroponik.

Nah, ada satu alat lagi yang harus dimiliki jika kita akan menjadi petani hidroponik. Alat itu bernama pH meter.

pH meter sangat mudah didapat. Sejumlah toko online banyak menjual pH meter. Harganyapun tidak begitu mahal. Sehingga tidak menyulitkan kita untuk mendapatkannya.

pH meter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur derajat keasaman atau kebasaan (pH) suatu benda baik padat maupun cair.

pH meter ternyata sangat berfungsi untuk mengukur keasaman dan kebasaan pada media tanam hidroponik. Sehingga kita dapat mengambil langkah jika nilai pH tidak sesuai.

Dalam bertani hidroponik, alat pH digunakan sesuadah dan sebelum nutrisi dituangkan kedalam air. Sehingga nantinya akan diketahi keasaman dan kebasaannya.

Pengukursan pH pada tanaman hidroponik sangatlah penting, karena dengan mengetahui pH kita bisa mengetahu nutrisi yang akan diserap oleh tanaman.

Karena nutrisi dalam air tidak bisa diserap oleh akar tanaman jika nilai pH tidak sesuai dengan ketentuan.

Unsur-unsur mineral dalam air ternyata hanya dapat larut dan diserap oleh akar tanaman pada angka pH tertentu. Angkanya diantara 5,5 hingga 7,0 (netral).

Maka dari itu pengukursan pH wajib dilakukan agar kita mengetahui angka pH air dalam hidroponik, sehingga jika tidak sesuai kita bisa segera mengambil langkah.

Pengukuran pH ditentukan dengan angka 1 hingga 14, dimana angka 7 menunjukan pH netral. Sedangka angka dibawah 7 hingga 1 menunjukan kondisi asam, dan angka 7 sampai 14 dalah basa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel