Alat-alat Hidroponik untuk Pemula

Alat-alat Hidroponik untuk Pemula

Tanihow.com - Hidroponik saat ini menjadi salah satu sistem bertani yang mulai diminati, terutama oleh masyarakat di daerah perkotaan.

Untuk yang ingin mencoba bertani hidroponik tertnyata tidak begitu sulit. Alat-alat untuk bertani hidroponik sangat mudah ditemukan di pasaran.

Hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas, sehingga saat ini metode bertani hidroponik cukup diminati oleh masyarakat.

Selain mudah, hasil tanaman hidroponik juga bisa lebih cepat tumbuh dibandingkan hasil tanaman yang di tanam di media tanah.

Selain itu, tanaman hasil hidroponik ternyata lebih hijau dan jarang terserang hama. Sehingga membuat tanaman hidroponik selalu segar.

Untuk yang akan bertani hidroponik ternyata tidak sulit. Anda cukup menyiapkan peralatan yang mudah ditemui di pasaran.

Berikut ini alat-alat hidroponik untuk petani hidroponik pemula. Sedikitnya ada 5 (lima) alat yang harus disiapkan jika ingin bertani hidroponik:

1. Media Tanam


Karena hidroponik tidak menggunakan media tanam tanah, jadi untuk bertani hidroponik kita harus mencari media tanam lain.

Media tanam paling populer untuk hidroponik biasanya adalah rockwool, media tanam ini sering digunakan oleh petani hidroponik apalagi untuk petani hidroponik pemula.

2. Netpot


Setelah memiliki rockwool, selanjutnya kita harus membeli alat untuk wadah atau tempat rockwool yakni netpot.

Netpot merupakan alat hidroponik yang terbuat dari platik mirip wadah air mineral. Selain bisa dibeli, netpot juga bisa dibuat, tergantung kita.

3. Benih 


Setelah kedua alat di atas kita miliki, selanjutnya kita harus membeli benih sayuran yang akan kita tanam untuk memulai bertani hidroponik.

Benih bisa dibeli di toko pertanian, atau bisa juga dibeli disejumlah toko online yang ada diseluruh Indonesia. Benih sayuran cukup mudah didapatkan.

4. Sistem Hidroponik


Setelah semua lengkap, sekarang kita tinggal membuat sistem hidroponik. Ada beberapa sitem hidroponik yang bisa digunakan untuk bertani hidroponik.

Beberapa sistem hidroponik diantaranya adalah sistem WICK, NFT, DFT, Rakit Apung, dan beberapa sistem hidroponik lainnya.

Biasanya yang sering dipakai adalah sistem NFT, DFT dan Rakit Apung. Untuk sistem hidroponik tinggal dipilih sesuai keinginan dan kemampuan kita.


5. Nutrisi


Setelah tanaman hidroponik mulai ditanam di media tanam hidroponik dengan menggunakan salah satu sistem hidroponik hal terakhir yang harus dibeli adalah nutrisi.

Nutrisi akan membuat tanaman hidroponik yang telah kita tanam akan menjadi sehat dan membuat tumbuh lebih cepat.

Komposisi nutrisi yang pas akan membuat tanaman hidroponik yang kita tanam akan subur dan hasil sayuran melimpah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel