Hidroponik di Musim Hujan

Hidroponik di Musim Hujan

Tanihow.com - Apa yang akan terjadi jika kita bertani hidroponik saat musim hujan? Aman atau tidak.

Mungkin itu salah satu pertanyaan yang banyak ditanyakan para petani hidroponik pemula.

Hidroponik merupakan sistem pertanian yang berbeda dengan sistem biasa. Air menjadi salah satu faktor utama dalam sistem hidroponik.

Selain kebutuhan air yang cukup. Bertani dengan sistem hidroponik juga memerlukan nutrisi yang cukup juga. Kemudian matahari dan sirkulasi udara yang memadai.

Nah, itulah faktor-faktor yang akan mempengaruhi kualitas tanaman yang akan kita tanam. Namun ternyata air hujan tidak begitu baik untuk tanaman hidroponik.

Ternyata air hujan dapat mempengaruhi faktor-faktor penentu dalam bertani hidroponik. Air hujan dapat mengurangi kulaitas air, dan nutrisi serta bisa membuat tanaman layu karena kurangnya sinar matahari.

Sehingga saat musim hujan alangkah baiknya para petani hidroponik harus benar-benar memperhatikan berbau hal.

Air hujan

Walaupun air hujan bermanfaat bagi tanaman, namun tidak demikian untuk tanaman hidroponik. Air hujan akan memperngaruhi keasaman air nutrisi.

Sehingga saat air nutrisi hidroponik jika terkana air hujan pH airnya akan berubah. Kondisi ini harus segera ditangani dengan serius.

Atau jika memungkinkan ganti air nutrisi dalam sistem hidroponik yang sudah terkena air hujan. Hal ini untuk membuat tanaman yang sudah kita tanam tumbuh dengan normal.

Hama dan Penyakit

Saat musim hujan ternyata ada masalah lain, yakni datangnya hama. Saat musim hujan hama kutu dan serangga serta hama lainnya pasti berdatangan.

Sehingga perlindungan tanaman pada musim hujan harus ektra luar biasa. Apalagi jika jumlah hama yang menyerang tidak sedikit.

Hama bisa diatasi dengan cara manual atau menggunakan pembasmi hama yang aman untuk tanaman.

Jika tidak diatasi hama akan memuat tanaman berlubang dan layu. Sehingga penanganan hama pada hidroponik harus segera diutamakan.

Greenhouse Hidroponik

Greenhouse hidroponik adalah salah satu cara untuk membuat tanaman hidroponik kita aman dari musim hujan. Namun Greenhouse tidak membuat tanaman aman dari hama.

Sehigga kita harus memikirkan kembali saat akan bertani hidroponik pada musim hujan. Apalagi sinar matahari saat musim hujan kurang terik, itu akan memperngaruhi kualitas tanaman kita.

Catatan terakhir, saat musim hujan tiba para petani hidroponik yang masih pemula bisa mengurangi dalam hal menyemai. Menyemai dalam kondisi cuaca kurang sinar matahari akan membuat tanaman yang kita semai tumbuh tidak maksimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel