Cara Menanam Sawi Pakcoy Hidroponik di Media Tanam Rockwool

Cara Menanam Sawi Pakcoy Hidroponik di Media Tanam Rockwool

Tanihow.com - Tanaman sawi pakcoy merupakan jenis sayuran yang bisa ditanam menggunakan metode hidroponik. Tanaman ini cukup mudah dibudidayakan.

Menanam pakcoy dengan metode hdroponik cukup singkat, jika dibandingkan dengan tanaman lainnya. Sehingga pakcoy bisa menjadi pilihan bagi petani hidroponik pemula.

Normalnya sawi pakcoy siap dipanen pada umur sekitar 20 HST (Hari Setelah Tanam) atau 22-30 HSS (Hari Setelah Semai). Sehingga lumayan cukup singkat.

Tidak ada yang sulit dalam membudidayakan pakcoy. Apalagi benih pakcoy cukup banyak di pasaran, baik di toko pertanian, mapun dibeberapa toko online.

Pakcoy begitu mudah ditanam, bagi yang masih pemula. Ada baiknya mengikuti langkah-langkah berikut ini agar tanaman pakcoy yang akan di tanam tumbuh dengan baik.


Siapkan rockwool


Langkah pertama sebelum menanam adalah menyiapkan media tanam terlebih dahulu. Media tanam yang paling mudah digunakan adalah rockwool.

Kenapa rockwool? Karena rockwool mudah didapat. Selain itu, rockwool merupakan media tanam yang cocok bagi petani hidroponik pemula.

Rockwool dapat menyerap dan menyimpan air serta nutrisi dengan baik. Sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam bertani hidroponik.


Siapkan bibit


Setalah media tanam siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bibit pakcoy yang akan kita tanam. Bibit yang akan ditanam masukan dulu kedalam air selama 1 jam.

Setelah satu jam kemudian tiriskan. Bibit kemudian siap untuk disemai.

Semai


Setelah media tanam siap, dan bibit siap. Langkah selanjutnya tinggal menyemai. Masukan bibit pakcoy kedalam rockwool

Untuk lebih lengkapnya. Bagi anda yang ingin tahu cara menyemai yang baik dan benar bisa klik link berikut ini: Cara Menyemai Benih Hidroponik.


Siapkan nutrisi


Setelah proses semai selesai, kini saatnya kita menyiapkan nutrisi. Untuk kita gunakan setelah tanaman kita pindahkan ke sistem hidroponik.

Nutrisi harus diberikan kepada tanaman pakcoy yang kita tanam setelah melewati masa semai yakni 5 hari. Setelah  hari tanaman pakcoy harus segera dipindahkan ke netpot.

Pemeliharaan


Proses memelihara merupakan pekerjaan yang harus benar-benar dilakukan dengan baik. Dalam proses ini kita harus rutin mengecek kondisi air dan nutrisi dalam sistem hidroponik kita.

Ada dua sistem yang biasanya digunakan yakni NFT dan DFT. Harus diperhatikan baik-baik asupan nutrisi dan oksigen serta sinar matahari yang diterima tanaman pakcoy yang kita tanam.

Panen


Sawi pakcoy siap dipanen pada umur sekitar 20 HST (Hari Setelah Tanam) atau 22-30 HSS (Hari Setelah Semai).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel