Apa Itu Nutrisi AB Mix?

Apa Itu Nutrisi AB Mix?

Tanihow.com - Bagi anda penggemar tanaman hidroponik mungkin sudah tidak aneh lagi dengan nutrisi yang digunakan dalam bertani sesara hidroponik.

Nutrisi hidroponik AB Mix adalah nutrisi hidroponik yang populer digunakan untuk budidaya hidroponik.

AB Mix merupakan campuran pupuk A dan pupuk B. Pupuk A menganding unsur kalium sedangkan pupuk B mengandung sulfat dan posfat.

Ketiga unsur ini tidak boleh dicampur dalam keadaan pekat agar tidak menimbulkan endapan. Perlu kita ketahui bahwa akar tanaman hanya bisa menyerap nutrisi yang telah benar-benar larut dalam air. 

Apabila nutrisi yang digunakan belum terlarut sempurna maka akan menyebabkan terhambatnya penyerapan unsur hara dan juga bisa menyebabkan terjadinya sumbatan di pipa hidroponik.

Satu set nutrisi hidroponik yang terdiri dari pupuk A dan pupuk B mengandundung 9.90% NO3, 0.48% NH4, 4.83% P2O5, 16.50% K2O, 2.83% MgO,11.48% CaO, 3.81% SO3, 0.013% B, 0.025% Mn, 0.015% Zn, 0.002% Cu, 0.003% Mo dan 0.037% Fe atau tergantung dari jenis tanamannya, apakah untuk sayur daun, buah atau lainnya.

Cara melarutkan pupuk AB Mix

  1. Siapkan pupuk AB MIX.
  2. Siapkan dua ember masing-masing di isi 5 liter air. 
  3. Tuang pupuk A dan B ke masing-masing ember (Stok).
  4. Aduk sampai benar benar larut (Stok).
  5. Ambil 5 ml larutan A dan 5 ml larutan B dari ember.
  6. Siapkan air bersih 1 liter.
  7. Kemudian tuangkan larutan A (5 ml) dan B (5 ml) kedalam 1 liter air.
  8. Dan pupuk AB MIX siap untuk digunakan. 
Pekatan A dan B tidak bisa dicampur dalam penyimpanannya karena apabila kation Ca dalam pekatan A bertemu dengan anion sulfat dalam pelayan B akan terjadi reaksi yang menghasilkan endapan kalium sulfat sehingga unsur Ca dan S tidak dapat diserap akar. Tanamanpun akan menunjukan gejala kekurangan Ca dan S. 

Demikian juga apabila kation Ca dalam pekatan A bertemu dengan anion fosfat dalam pekatan B, akan terjadi endapan kalsium fosfat sehingga unsur Ca dan P tidak dapat di serap oleh akar. 

Keunggulan dari nutrisi hidroponik AB MIX ini adalah terdapat pada kelengkapan unsur haranya, sedangkan kekurangannya adalah dapat menyebabkan tanaman terbakar bila di berikan pada tanaman dalam dosis yang berlebihan.

Untuk informasi, produk AB Mix saat ini begitu banyak di pasaran. Berbagai merek sangat mudah didapat. TInggal kita memilih mana yang cocok dan tentunya terjangkau untuk petani hidroponik yang baru memulai.

Sedangkan untuk proses pelarutan AB Mix saat ini tidak ada yang baku. Proses pencampuran kedua larutan A dan B bisa dilakukan sesuai keinginan masing-masing, asal sesuai dengan aturan, sehingga pupuk AB Mix bisa difungsikan sesuai dosisnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel