Cara Menyemai Benih Hidroponik

Cara Menyemai Benih Hidroponik

Tanihow.com - Langkah pertama untuk membudidayakan tanaman hidroponik adalah menyemai benih. Menyemai benih harus dilakukan dengaan benar.

Kita harus menyemai benih sendiri agar kita tau kualitas benih yang baik dah hasil yang maksimal. Hasil semai kita nanti akan menentukan tanaman hidroponik yang akan kita panen nanti.

Berbeda jika kita membeli bibit siap tanam yang biasanya disemai di tanah dengan hasil panen kurang memuaskan dan tidak cocok di tanam menggunakan metode hidroponik.

Itu harus menjadi perhatian kita semua karena tidak semua tanaman atau sayuran bisa ditanam menggunakan sistem hidroponik. Jadi kita harus paham dulu.

Berikut ini adalah panduan menyemai benih hidroponik dengan media tanam rockwool, mari ikuti langkah-langkahnya,

  1. Potong rockwool berukuran 15x12,5 cm dengan tinggi 7,5 cm.
  2. Potong sisi 7,5 cm menjadi 3 bagian. 
  3. Potong sisi 12,5 cm menjadi 4 bagian 
  4. Potong sisi 15 cm mengadi 5 bagian. 
  5. Rockwool pun siap di gunakan untuk semaian. 
Nah setelah itu kita bisa langsung menyemai benihnya,, ikuti langkah selanjutnya, susun rockwool yang sudah di potong-potong di nampan atau baki kecil.

Kemudian lubangi rockwool tersebut dengan benih yang akan kita tanam, misalnya jika hendak menanam kangkung beri 6 sampai 8 lubang.

Cara Menyemai Benih Hidroponik

Lalu basahi rockwool tersebut. Jangan sampai air menggenang di baki asal lembab saja. Sirami setiap pagi dan taruh di tempat yang terkena sinar matahari. 

Atau bisa juga di simpan terlebih dahulu di tapat gelap semalaman, baru setelah itu dikenalkan pada sinar matahari. 

Berikan nutrisi setelah daun tumbuh, biasanya 4 atau 5 hari benih sudah siap pindah tanam ketika daun dan akar sudah muncul. 

Jadi, sekarang sudah tau kan bagaimana tahapan menyemai secara hidroponik seperti apa? Ayo segera praktekan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel