Ini Fungsi TDS Meter untuk Tanaman Hidroponik

Ini Fungsi TDS Meter untuk Tanaman Hidroponik

Tanihow.com - Tahun 2020 bertani hidroponik bisa menjadi pilihan bagi kita yang hidup di kawasan perkotaan yang memiliki sedikit lahan pertanian.

bertani hidroponik adalah sistem bertani yang tidak menggunakan tanah, jadi nutrisi diserap langsung oleh tanaman. Hal utama dalam sistem hidroponik adalah kebutuhan air dan nutrisi.

Jika dalam bertani menggunakan media tanam tanah, mungkin alat yang wajib dimiliki petani adalah cangkul, namun dalam bertani hidroponik tidak demikian.

Cangkul dalam bertani hidroponik adalah TDS Meter. Apa itu TDS Meter? TDS adalah kepanjangan dari Total Disolved Solids atau kalau dalam bahasa Indonesia adalah jumlah padatan terlarut.

Karena media tanam hidroponik buka tanah jadi cangkul dalam bertani hidroponik adalah TDS Meter yang memiliki fungsi mengukur kepekatan nutrisi dalam air.

Suplai air dan nutrisi dalam hidroponik tentunya adalah hal utama, sehingga alat TDS Meter menjadi alat yang harus dimiliki untuk mengontrol kepekatan nutrisi dalam air.

Jangan sampai tanaman hidroponik kita kurang nutrisi karena akan menyebabkan tanaman tidak tumbuh dengan sempurna.

TDS Meter sendiri memeiliki fungsi mengukur jumlah padatan atau partikel terlarut dalam air, dan juga bisa digunakan tentunya untuk mengukur kepekatan nutrisi hidroponik.

Sehingga bagi petani hidroponik alat TDS meter merupakan alat wajib. Karena pengukuran nutrisi hidroponik suatu hal yang mutlak dan sifatnya sangat penting.

Bayangkan jika tanaman hidroponik kita tidak diukur, bisa jadi tanaman kekurangan atau kelebihan nutrisi, tentunya itu akan menjadi racun bagi tanaman itu sendiri.

Alat TDS Meter memiliki satuan yang biasa disebut ppm. Apa arti ppm? ppm merupakan singkatan dari part per million. Atau jika dalam bahasa Indonesia berarti seperjuta bagian.

Ppm merupakan satuan jumlah pengukur partikel terlarut yang diukur menggunakan alat TDS Meter. Dengan adanya jumlah ppm petani hidroponik bisa mengetahui umlah nutrisi yang harus digunakan.

Jika tidak menggunakan TDS Meter tentunya para petani hidroponik tidak akan mengetahui jumlah takaran nutrisi yang sesuai untuk tanaman hidroponik mereka.

Perlu diketahui juga bahwa kebutuhan nutrisi atay nilai ppm tanaman hidroponik berbeda-beda. Tergantung jenis tanaman.

Alat TDS Meter cukup mudah didapatkan, Banyak toko-toko online yang menjual TDS Meter, sehingga bagi Anda yang akan memulai bertani hidroponik tidak usah khawatir kesulitan mendapatkan alat itu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel