Jenis-jenis Bunga Mawar

Jenis-jenis Bunga Mawar

Tanihow.com - Bunga merupakan tumbuhan yang memiliki keindahan yang luar biasa. Bahkan bunga menjadi salah satu tumbuhan yang sering dikatikan dengan hubungan cinta.

Banyak orang yang memakai bunga untuk menyatakan perasaannya kepada pasangan yang dicintai. Bunga yang sering dipakai salah satunya adalah bunga mawar.

Bunga mawar memiliki warna dan tampilan yang sangat menarik. Sehingga jika bisa menjadi alat untuk menunjukan perassaan cinta seseorang.

Ternyata bunga mawar atau rose merupakan tanaman yang sangat mudah dibudidayakan. Bunga mawar begitu mudah ditemukan di Indonesia.

Ternyata bunga mawar yang saat ini sering kita jumpai ada banyak jenisnya. Sedikitnya ada sekitar delapan jenis bunga mawar diseluruh dunia.

Untuk menambah pengetahuan kita seputar bunga mawar. Berikut ini jenis-jenis bunga mawar yang ada di dunia.


1. Mawar Double Delight


Mawar double delight merupakan hasil persilangan hybrid tea granada dan garden party. Mawar ini pertama kali ditemukan pada tahun 1977 oleh Swim & Ellis.

Bunga ini bisa tumbuh di media tanam dengan kondisi yang lembap dan sedikit asam. Nama double delight diberikan karena bunga ini memiliki perpaduan dua warna dan dua aroma.

Mawar double delight akan berubah tergantung banyaknya cahaya matahari yang diterima. Saat sinar matahari berlimpah, warna putih akan berubah menjadi merah, dimulai dari tepi kelopaknya.

Selain itu, ada lagi keunikan bunga mawar double delight. Yakni terletak pada aromanya, yang merupakan perpaduan antara bau buah jeruk dan pedas.

Dengan tinggi 90–150 cm, tanaman ini menghasilkan kembang berdiameter 10 cm dengan jumlah petal 30 helai.

2. Mawar Sunprite 


Banyak jenis mawar yang harus diketahui. Salah satunya adalah mawar sunprite. Bunga ini dikenal juga dengan nama korresia atau friesia.

Nama korresia diambil dari nama sang penemu, yaitu Reimer Kordes, sedangkan Friesia diambil dari kata Friesland, nama daerah asal Reimer Kordes.

Mawar jenis ini dikenal sebagai jenis bunga mawar yang harum. Tanaman mawar sunsprite bisa tumbuh hingga ketinggian 40–70 cm dan tahan terhadap serangan hama atau penyakit.

Bunga mawar sunprite memiliki diameter sekitar 8 cm dan saat mekar di bulan Juni sampai September, bunga ini akan mengeluarkan wangi yang sangat kuat.

Tidak heran, karena kecantikan dan keharumannya, mawar ini mendapatkan penghargaan Gamble Award for Fragrance.

Selain itu, sunsprite juga dianugerahi penghargaan Baden-Baden Gold Medal 1972 serta RNRS Gold Medal dan James Mason Memorial Medal pada tahun 1989.

3. Mawar Eden


Selanjutnya adalah mawar eden. Mawar ini memiliki nama lain Pierre de Ronsard karena terinspirasi dari nama seorang penyair pada era renaisans dan merujuk pada syair populer yang diciptakannya, Mignonne, allons voir si la rose.

Bunga mawar jenis ini pertama kali ditemukan oleh Marie-Luise Meilland, dan diperkenalkan pertama kali di ajang Meilland International di Perancis pada tahun 1985.

Karena keindahannya, pada tahun 2006, bunga ini masuk dalam Hall of Fame of The World Federation of Rose Societies.

Untuk tumbuh, tanaman ini membutuhkan kecukupan air dan sinar matahari. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 180–330 cm. Bunga mawar eden akan mekar saat akhir musim semi hingga akhir musim panas.

Bunga mawar eden ini memang istimewa. Ukuran bunganya cukup besar besar, yaitu berdiameter 10 cm dengan jumlah kelopak hingga 70 helai. Karena itulah, bunga ini pun sempat dijuluki sebagai World’s Favorite Rose pada tahun 2006.


4. Mawar Kubis


Mawar kubis memiliki nama latin rosa centifolia. Bunga ini memiliki ciri khas berupa mahkota yang besar dan bertumpuk seperti kubis.

Bunga mawar jenis ini diperkenalkan pertama kali oleh seorang pembudi daya mawar dari Belanda pada abad ke-17, mawar kubis merupakan mawar hibrida atau hasil persilangan.

Mawar kubis tumbuh secara merambat sehingga bisa dijadikan tanaman pagar yang akan menambah keindahan halaman rumah.

Agar tumbuh dengan baik, kamu harus menyiapkan penopang tanaman. Bunga mawar kubis akan mekar setiap musim semi atau musim panas. Mawar ini sangat disukai karena selain bentuk bunganya indah, harumnya juga sangat kuat.

Sayangnya, budi daya mawar kubis tergolong rumit dibandingkan mawar biasa. Kembang ini membutuhkan tempat khusus untuk tumbuh dan mudah terserang penyakit atau hama.

5. Mawar Musk


Mawar musk merupakan jenis mawar yang memiliki ciri terdapat rambut di sekitar biji di bawah daging buah.

Bila terkena kulit, rambut-rambut ini bisa menyebabkan iritasi dan bila dimakan dapat mengganggu saluran pencernaan.

Walaupun cukup berbahaya, ternyata mawar ini termasuk yang sudah cukup lama dibudidayakan, yaitu sejak abad ke-16.

Mawar bernama latin Rosa moschata ini tergolong tanaman merambat dengan panjang bisa mencapai 3–10 meter.

Bunga mawar musk akan mekar di akhir musim semi hingga musim gugur. Saat mekar, bunganya akan mengeluarkan wangi musk yang sangat kuat sehingga bisa tercium dari jarak jauh. Tak heran, bunga ini banyak dijadikan bahan pembuat parfum.

6. Mawar Taman Modern


Mawar jenis ini adalah dari jenis mawar hybrid tea. Mawar ini mulai dibudidayakan saat petani tanaman hias mulai mengenal tanaman modern yakni pada tahun 1867.

Ciri khas taman mawar modern adalah bunganya berkelopak ganda, beberapa jenis berbau harum, dan bisa tumbuh sepanjang tahun.

Selama ini, mungkin kamu mengenal jensi bunga mawar berdasarkan warnanya, seperti bunga mawar merah, putih, kuning, biru, bahkan hitam.

Padahal, ada banyak jenis mawar yang sangat terkenal karena keindahan atau wanginya yang semerbak.


7. Mawar Taman Kuno  


Selain ada jenis tanaman mawar modern, ada juga jenis atau kelompok bunga mawar taman kuno. Mawar jenis ini dikenal sebelum pertengahan abad ke-18.

Tanaman ini dihasilkan dari hasil persilangan. Ciri khas mawar yang tergolong old golden rose adalah bentuknya rumit dan cantik, serta memiliki wangi yang semerbak.


8. Mawar Liar


Sesuai namanya, kelompok bunga mawar ini tumbuh liar di alam bebas dan sudah ada sejak zaman dahulu.

Sebagaimana sifat tanaman liar lainnya, mawar liar sangat tahan terhadap hama dan tidak mudah mati.

Dilihat dari bentuknya, bunga mawar liar sangat sederhana, tetapi kecantikannya tidak kalah dari kelompok mawar lainnya. Bahkan, karena kesederhanaannya, mawar liar justru menjadi bunga yang banyak diminati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel